Home / Kesehatan

Jumat, 18 Oktober 2019 - 06:59 WIB

5 Cara Mengolah Mangga Muda Agar Lezat Saat Dikonsumsi

LINTASCELEBES.COM — Mangga merupakan salah satu buah yang paling populer dan familiar bagi berbagai lapisan masyarakat, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Buah berbentuk lonjong dan rata-rata berwarna hijau ini memang sudah cukup sering dikonsumsi.

Tak seperti buah lain yang siap dikonsumsi saat matang, buah mangga cenderung dapat pula dikonsumsi saat masih mentah. Mungkin itulah salah satu hal paling unik dari buah yang satu ini. Namun, dibalik cita rasanya yang kecut dari mangga muda, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara mengolah mangga muda agar lezat saat dikonsumsi?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara mengolah mangga muda agar lezat dan tetap aman saat dikonsumsi, simak yuk apa saja!

1. Mengolahnya menjadi selai manis

Ide pertama yang dapat digunakan untuk mengolah mangga muda adalah dengan cara menyulapnya menjadi selai manis yang dapat disajikan bersama dengan roti sebagai teman makannya. Jika selai umumnya hanya untuk buah kecut seperti nanas, kiwi, ataupun strawberry, maka tak terkecuali pun dengan mangga muda yang dapat disulap dengan berbagai komposisi lain seperti gula untuk membuat rasanya semakin lezat.

2. Sambal sebagai lauk untuk makan

Pilihan terbaik mengolah mangga muda adalah dengan cara memasaknya menjadi sambal lezat dengan sensasi segar dari rasa asam yang terdapat pada mangga muda. Penambahan gurih dari garam, manis dari gula, asam dari mangga, dan pedas dari cabai membuat semuanya berpadu menjadi satu. Paling cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi dan lauk lainnya.

3. Manisan untuk camilan lezat

Jika kamu penggemar manisan dan sangat ingin mencicipinya, maka kamu tidak perlu lagi pergi ke tempat oleh-oleh untuk mendapatkannya. Hal ini karena pada saat ini kamu dapat membuat sendiri manisan menggunakan buah-buahan segar, salah satunya adalah mangga muda. Tentunya cita rasa segar akan sangat terasa saat kamu membuat manisan menggunakan mangga muda.

Baca juga:  Ketiga Kalinya, Wajo Kembali Raih Penghargaan Tertinggi KKS Swasti Saba Wistara

4. Setup buah untuk pilihan camilan lainnya

Mungkin saja kamu bosan dengan manisan, kamu dapat mencoba untuk mengolah buah segar khususnya mangga muda menjadi setup. Meski umumnya setup terdiri dari beberapa buah dengan cita rasa segar dan kecut, namun hal itu dapat disesuaikan dengan selera apabila kamu ingin mengkombinasikan mangga muda denhan buah segar lainnya atau hanya menggunakan mangga muda saja.

5. Rujak untuk teman berbincang

Untuk pengolahan yang satu ini tentunya sudah sangat umum dan hampir semua orang telah mencobanya. Mangga muda memang paling lezat untuk dikonsumsi apalagi dengan tambahan bumbu rujak diatasnya sebagai saus cocol. Siapapun tentu tidak akan dapat menolak kesegaran yang disuguhkan dari olahan rujak yang satu ini.(Sumber: idntimes)

Share :

Baca Juga

Daerah

HPN 2020 Dipusatkan di Soppeng

Kesehatan

Manfaat Kayu Manis untuk Menurunkan Berat Badan

Advertorial

Agar Masyarakat Tak Was-Was Virus Corona, Bupati Wajo Minta Dinkes dan RSUD Turun Sosialisasi

Kesehatan

Pentingnya Peran Orang Tua agar Anak Sehat

Kesehatan

PENGUMUMAN PENYUSUNAN DOKUMEN ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN RENCANA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT REGIONAL

Kesehatan

Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Kesehatan

450 Calon Jamaah Haji Wajo Diberangkatkan ke Mekkah

Advertorial

DPC FPE KSBSI Aspirasikan Penolakan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan di DPRD Wajo