Home / Daerah / DPRD

Selasa, 20 Agustus 2019 - 12:05 WIB

DPRD Mamuju Menggelar Talkshow

LINTASCELEBES.COM MAMUJU — DPRD Kabupaten Mamuju menggelar Talkshow terkait uji publik rencana Rancangan peraturan Daerah dalam Peraturan pembangunan Pariwisata Kabupaten Mamuju di Maleo Town Square (Matos) pekan lalu.

Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Hj. St. Suraidah Suhardi dalam sambutannya mengatakan bahwa Meski ini pertama kali, tetapi acara ini terselenggara sebagai upaya dari DPRD Mamuju untuk mendorong bagaimana kontribusi pemikiran dari beragam sektor terhadap rencana regulasi yang akan di bahas di DPRD. Semoga dimasa mendatang ini dapat dilanjutkan.

Terkait uji publik rencana Rancangan peraturan Daerah kata dia rencana induk pembangunan pariwisata kabupaten Mamuju teknis di DPRD Mamuju melihat orientasinya berbasis kawasan.
Tetapi tentu hal itu bukan menjadi muara akhir. Olehnya diharapkan atas rencana-rencana itu dapat terpikirkan melahirkan dampak ganda/multiplier effect.

“Secara khusus bagi kami ada dua diantara fokus pikir yang tetap mesti kita dorong bersama dalam rencana ranperda yang akan kita diskusikan hari ini,” ungkapnya.

Pertama tetap mempertimbangkan pembangunan berkelanjutan untuk sektor budaya lokal. Jangan sampai karena pengembangan sektor pariwisata justru menggerus kepentingan budaya sendiri.

Kedua, yang mesti menjadi catatan  bersam terhadap orientasi dalam bentuk pembangunan disektor manapun adalah bagaimana penguatan moral kita terhadap lingkungan dan etika sosial yang ada. Sebab tak dapat dipungkiri kadang kedua fokus paradigma kita ini gugur karena dari hulu hingga hilir, nalar kita berada pada satu sumbu saja yakni sumbu ekonomi.

“Sebab jika hanya bertumpu pada sumbu ekonomi maka kita hanya akan disibukkan dengan orientasi pikir yang mendahulukan pendapatan dan pengeluaran finansial saja atas dampak pembangunan yang kita programkan,” jelas Suraidah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Barat Farid Wajdi sangat merespon akan Ranperda Rancangan induk Pariwisata. Ranperda itu akan semakin mempererat ikatan koorbldinasi antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Provinsi khususnya dalam memajukan sektor Pariwisata di Sulawesi Barat.

Baca juga:  Reses, Ketua Komisi II PSM: Saya Hadir Menjemput Aspirasi Masyarakat

Acara ini dihadiri oleh anggota DPRD Mamuju Syamsuddin Hatta, kabag Hukum Pemkab Mamuju, Gunawan Biro hukum pemprov Sulbar, Raodah akademisi, Dr Rahmat Idrus, Mahasiswa, Tokoh Agama dan para Wartawan Se sulawesi Barat.

Laporan: Sury

Editor    : Muh. Hamzah

Share :

Baca Juga

Wajo

Awal Syaban 1443 H, Masjid At-taubah Kembali Santuni Ratusan Anak Yatim, Dhuafa dan Penghafal Alqur’an

Wajo

Bupati dan Ketua DPRD Tinjau Lokasi Pelaksanaan Puncak Hari Jadi Barru

Wajo

Muh Said Seggaf Tutup Usia, Wali Kota: Beliau Pamong Senior, Panutan Kita Semua

Advertorial

Rakor Bidang Pendapatan, Armayani: Potensi PBB Perlu Digali

Wajo

Bupati Barru Resmikan Misi Pasaraya Cabang Madello

Wajo

Post Rakorsus 2022, Danny Mantapkan Persiapan Menuju Makassar Metaverse

Pendidikan

Progres yang Baik Dalam Bidang Pendidikan, Disdikpora Selayar Boyong Kasek SD Studi Tiru di Wajo

Wajo

Danny Pomanto dan Tokoh Masyarakat Toraja Tanam Pohon di Wisata Sa’pak Bayo-bayo Sangalla’