Home / Advertorial / Kesehatan

Senin, 5 Agustus 2019 - 19:18 WIB

Jelang Idul Adha, Bupati Wajo Turunkan 47 Personil Bantu Periksa Kesehatan Hewan Kurban

LINTASCELEBES.COM WAJO — Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud didampingi Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Muh. Ashar melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban yang dijual di salah satu rumah pemotongan hewan di Kecamatan Tempe, tepatnya di lokasi milik H. Syamsuddin, Senin 5 agustus 2019.

Pengecekan kesehatan hewan kurban tersebut untuk memastikan agar daging hewan kurban yang disembelih nantinya aman dikonsumsi masyarakat.

Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Wajo Ir. Muhammad Ashar mengatakan pengecekan kesehatan hewan kurban ini meliputi pemeriksaan gigi untuk menentukan umur hewan kurban serta pemeriksaan fisik untuk memastikan tidak ada kecacatan pada hewan tersebut.

“Hari ini pengecekan pertama dilakukan terkait pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Kami memeriksa umur sapi dan seluruh fisiknya. Selanjutnya mulai besok kami akan turunkan petugas disertai dokter hewan untuk melakukan pengecekan kesehatan dan pendataan hewan kurban di tempat-tempat penampungan hewan kurban di 14 kecamatan yang ada di Wajo,” katanya.

Sementara Bupati Wajo. H. Amran Mahmud menyampaikan telah menyiapakan 47 personil untuk membantu 14 kecamatan dalam proses pemeriksaan hewan kurban.

“Kita mau memastikan daging kurban yang sampai di masyarakat nantinya betul-betul telah melalui proses pemeriksaan dan telah memenuhi syarat kriteria aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH),” ujarnya.

Terkait jumlah hewan kurban di Kabupaten Wajo untuk Idul Adha tahun ini, Orang Nomor Satu di bumi Lamaddukkelleng ini memperkirakan akan mengalami peningkatan mengingat pasokan sapi dari peternak yang ada terbilang normal setiap tahunnya.

“Untuk tahun ini saya rasa ada peningkatan termasuk yang ada di tempat ini ada 129 ekor, untuk jumlah keseluruhannya kami masih menunggu laporan dari petugas yang akan kami turunkan nantinya,” pungkas Amran Mahmud.(Advertorial)

Baca juga:  Bupati Berkunjung ke Belanda, Ini Dukungan KBRI ke Pemkab Wajo

Editor : Muh. Hamzah

Share :

Baca Juga

Advertorial

Antusias Warga di Wajo Lakukan Vaksinasi Tergolong Tinggi, Masuk 4 Besar di Sulsel

Kesehatan

Konsumsi Buah Belimbing, Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Kesehatan

6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Advertorial

Aspirasi Andi Yuliani Paris, Bupati Wajo Resmikan 137 Unit PJUTS di Atakkae

Advertorial

Amran SE Serahkan Simbolis Sertifikat Tanah Gratis kepada 20 Perwakilan Masyarakat Penerima

Advertorial

Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Iduladha, Bupati Wajo Minta Koordinasi OPD dan TPID

Advertorial

Shalat Subuh Berjamaah, Danny Gelorakan Semangat “Jagai Anakta”

Advertorial

Bupati Buka Konferensi PGRI Kabupaten Wajo