Home / Makassar

Jumat, 28 Juni 2019 - 11:07 WIB

Siswa SD dan SMP di Gowa Ziarah Wisata ke Makam Sultan Hasanuddin

Ketgam..para siswa siswi SD dan SMP di Katangka Kabupaten Gowa, antri di depan makam Sultan Hasanuddin untuk menabur bunga di pusara makam raja Gowa itu. (Foto Manaf)

Ketgam..para siswa siswi SD dan SMP di Katangka Kabupaten Gowa, antri di depan makam Sultan Hasanuddin untuk menabur bunga di pusara makam raja Gowa itu. (Foto Manaf)

LINTASCELEBES.COM MAKASSAR — Untuk menumbuhkan dan melestarikan nilai-nilai kepahlawanan di kalangan generasi muda, terkhusus di kalangan siswa-siswi SD dan SMP di Kabupaten Gowa, Dinas Sosial Propinsi Sulsel, melaksanakan kegiatan ziarah wisata ke Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin yang ada di Katangka Kabupaten Gowa.

Ziarah wisata di makam Pahlawan nasional dan juga pejuang kemerdekaan itu diawali dengan upacara yang berlangsung di Kompleks Taman Makam Pahlawan Sultan Hasanuddin Katangka, Kabupaten Gowa, yang dipimpin oleh pembina upacara, Kepala Seksi Kepahlawanan, Keperintisan dan Restorasi Sosial Dinas Sosial Propinsi Sulsel, Haerati SE, MM yang dihadiri sejumlah siswa SD dan SMP serta para guru pendamping dari SD dan SMP yang sekolahnya tak jauh dari kompleks makam Sultan Hasanuddin, Katangka, Kabupaten Gowa.

Kasi Kepahlawanan dan Keperintisan dan Restorasi Sosial, Haerati dalam sambutannya mengatakan, nilai-nilai kepahlawanan dari para pejuang dan pahlawan nasional bangsa perlu terus dilestarikan, sehingga sebagai bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawan, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk meneruskannya, khususnya di kalangan generasi muda. Karena dengan keberanian dan semangat juang yang dimiliki oleh para pejuang bangsa pada masa lalu, sudah dinikmati oleh bangsa Indonesia dengan kemerdekaan dari belenggu para penjajah.

Untuk itulah, melalui kegiatan ziarah wisata ke kompleks Taman makam pahlawan nasional Sultan Hasanuddin, kata dia diharapkan para generasi muda bisa melestarikan dan mempertahankan semangat juang para pahlawan dan menjadi perilaku kita sehari-hari untuk siap berkorban dan berjuang demi untuk menjaga kesatuan negara Republik Indonesia dari gangguan musuh.

Haerati mengharapkan, dengan melakukan ziarah wisata ke Makam Pahlawan nasional itu, juga bisa melestarikan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa yang menjadikan negara kita bisa merasakan kemerdekaan dan kebebasan dari para penjajah di masa lalu.

Baca juga:  Kembalikan Kejayaan Sutera, Pemprov Akan Backup Pemkab Wajo

“Dengan kegiatan ziarah wisata juga akan dapat mengetahui lebih dekat para pejuang bangsa yang terbaring di taman makam pahlawan nasional, dimana pun berada, seperti yang ada di Makam Pahlawan nasional Sultan Hasanuddin,” ujarnya.

Acara ziarah wisata diakhiri dengan tabur bunga ke Makam Sultan Hasanuddin dan sejumlah raja-raja Gowa, yang dilakukan secara bergilir oleh para siswa-siswi SD dan SMP peserta ziarah wisata.

Laporan: H. Manaf

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkab Wajo Gandeng BPK dalam Pemeriksaan Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Desa

Makassar

BMM Akan Hadirkan FDJ Via Ariesta

Advertorial

Rakor Bidang Pendapatan, Armayani: Potensi PBB Perlu Digali

Makassar

Pelantikan BPH IARMI Sat 703 UIN Alauddin

Bone

7 Kecamatan di Wajo Dapat Program SERASI dari Kementrian Pertanian

Makassar

IMIKI Akan Gelar Imiki Camp

Bone

Kecelakaan Tunggal Mobil Toyota Avanza, Satu Meninggal Dunia

Advertorial

Balai DASHL Jeneberang Siap Bersinergi Wujudkan Danau Tempe Sebagai Ikon Kabupaten Wajo