Home / Kesehatan

Senin, 13 Mei 2019 - 14:45 WIB

Ingin Tidur Dulu Sehabis Sahur? Ini Saran Dokter Pencernaan

MEDIASINERGI JAKARTA — Sebagian orang mungkin tak ingin tidur usai sahur karena tahu dampaknya buruk bagi kesehatan. Sayangnya rasa ngantuk yang muncul tak mudah dilawan, hingga akhirnya tertidur selama beberapa jam.

Dokter ahli pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam tak menampik sulitnya menahan ngantuk usai sahur. Tidur pada akhirnya menjadi pilihan ketika rasa ngantuk tidak bisa lagi ditahan.

“Kalau tetap mau tidur posisinya jangan rebahan, tapi dengan bantal setengah duduk. Selain itu sebaiknya jangan langsung tidur dalam waktu 2 jam setelah makan,” kata Prof Ari dalam pesan singkat yang diterima detikHealth.

Posisi rebahan dan langsung tidur mengingatkan, langsung tidur dan memilih posisi rebahan berisiko bagi kesehatan sistem pencernaan. Isi dan asam lambung akan berbalik arah ke kerongkongan yang bisa menyebabkan muntah serta Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD). Tanpa terapi yang tepat, asam lambung bisa menimbulkan sensasi terbakar di dada hingga tenggorokan dan merusak selaput lendir.

Prof Ari juga menyarankan untuk menghindari makanan yang terlalu asam dan pedas. Asupan tersebut berisiko memicu produksi asam lambung yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.(sumber: detik.com)

Baca juga:  Wahdah Islamiyah Cabang Pitumpanua Gelar Khitanan Massal

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Tiga Minuman Herbal Alami Ini Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Kesehatan

Air Kelapa Campur Jambu Biji Berkhasiat Atasi Diabetes

Kesehatan

Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Asam Urat

Kesehatan

Meningkatkan Imunitas dengan Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc

Kesehatan

6 Manfaat Luar Biasa Olahraga Lari Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Makan Apel, Lebih Baik dengan Kulitnya atau Dikupas?

Kesehatan

7 Manfaat Menari bagi Kesehatan

Kesehatan

5 Manfaat Minum Air Rebusan Kulit Pisang