Home / Tak Berkategori

Jumat, 10 Mei 2019 - 06:23 WIB

Kepala Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Masuk RPJMN 2020-2024

LINTASCELEBES.COM JAKARTA — Rencana pemindahan ibu kota Indonesia kembali menghangat. Namun hal itu masih dianggap sebatas wacana semata seperti yang lalu-lalu. Namun Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas) Bambang Brojonegoro memastikan, rencana pemindahan ibu kota sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2025.

“Sudah masuk dalam RPJMN, nanti ketika sudah jelas kapan pelaksananya kami akan sesuaikan untuk masuk pada RKP (rencana program kerja) tahun bersangkutan,” ujarnya di acara Musrembangnas, Jakarta, Kamis 09 Mei 2019 lalu.

Bambang menegaskan, pemindahan ibu kota merupakan strategi jangka panjang untuk mengurangi beban yang selama ini ditanggung oleh Jakarta. Sebab saat ini Jakarta menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat bisnis Indonesia. Akibatnya penduduk di Jakarta sangat padat dan kemacetan parah terjadi hampir setiap hari.

Selain itu kata Bambang, pemindahan ibu kota juga bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi daerah di luar Jawa untuk berkembang lebih cepat. Sehingga pemerataan antara Jawa dan luar Jawa yang sekarang cukup tajam kesenjangannya bisa dikurangi.

“Kami kan sudah belajar dari kesalahan dan kekurangan untuk menangani kota dari seluruh daerah termasuk pelajari keberhasilan dan kegagalan pemindahan ibu kota di beberapa negara yang jumlahnya cukup banyak,” kata Bambang.

“Jadi belajar dari keberhasilan dan kegagalan itu kita akan mencari upaya yang terbaik,” sambung dia.(sumber: kompas.com)

Share :

Baca Juga

Sulsel

Konsistensi Pembangunan Daerah Capai 99,6%, Andi Sudirman Dinilai sebagai Gubernur Andalan

Hukum dan Kriminal

Antar Sabu, AS Pengedar Narkoba di Tangkap Tim Opsnal Resnarkoba Polres Barru

Sulsel

Wali Kota Anggota APEKSI Tanda Tangani Prasasti APEKSI di Pantai Losari

Sulsel

Suardi Saleh Buka Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Barru

Bone

Bupati Wajo: Alumni Smada Merupakan Kekuatan Besar untuk Bantu Program Pemkab Majukan Wajo

Makassar

Pelantikan BPH IARMI Sat 703 UIN Alauddin

Wajo

Legislator Fraksi Nasdem DPRD Wajo Sambut Menteri Pertanian

Sulsel

Tekan Angka Fatalitas Lakalantas, Disdik-Polres Sinjai Teken MoU Kurikulum Keselamatan Berlalu Lintas