Home / Polisi / TNI

Jumat, 10 Mei 2019 - 17:10 WIB

Disetujui Jokowi, Gaji ke-13 PNS Cair Juni 2019

LINTASCELEBES.COM JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencairkan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS) hingga pensiunan pada bulan Juni mendatang.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Berdasarkan aturan tersebut, penerima gaji ke-13 akan meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan. Besarannya pun sesuai dengan penghasilannya yang diterima setiap bulannya.

“Gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tujangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni,” bunyi aturan Ayat 4 pasal (3) PP ini seperti dikutip detikFinance, Jumat (10/5/2019).

Dalam lampiran PP ini juga disebutkan, komponen gaji ke-13 untuk PNS dan pensiunan akan berbeda. Adapun, gaji ke-13 untuk PNS hingga anggota Polri akan terdiri mulai dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja.

Sedangkan, pensiunan akan menerima gaji ke-13 berupa pensiunan pokok, dan tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilan.

Sementara itu, baru-baru ini Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan, Marwanto mengatakan anggaran yang disiapkan untuk gaji ke-13 sebesar Rp 20 triliun. Jumlah tersebut sama dengan yang dianggarkan untuk tunjangan hari raya (THR) yang akan cair lebih dulu.

“THR Rp 20 triliun, gaji ke-13 juga Rp 20 triliun,” ungkap Marwanto di DhawaFest Pesona 2019, Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (7/5/2019).(sumber: detikFinance)

Baca juga:  Makorem 142/Tatag Gelar Upacara HUT TNI ke 74

Share :

Baca Juga

Polisi

Pamit Untuk Memetik Sayur, Nenek Ini Ditemukan Tewas Mengapung di Danau Tempe

Bone

Satlantas Polres Wajo Sosialisasi Operasi Zebra di Kodim 1406

Advertorial

Lantik Camat, Bupati Wajo: Berikan Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

Polisi

Warga Asal Paojepe Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Sajoanging

Polisi

Peduli Sesama, Satlantas Polres Wajo Gencarkan Program Sehari Seribu

Polisi

Pelaku Pembunuhan di Sajaonging Berhasil Diringkus Polisi

Advertorial

DPRD Wajo dan Pemkab Sepakati Perampingan OPD

DPRD

Gelar Aksi Damai, Aliansi PMII Wajo Menuntut Kepolisian Usut Tuntas Kasus Penembakan Randi