Home / Tak Berkategori

Selasa, 26 Maret 2019 - 22:00 WIB

Hadiri RAT Koperasi PKK, Wabup Wajo: Koperasi Merupakan Sektor Ekonomi yang Harus Dikembangkan

LINTASCELEBES.COM WAJO — Koperasi PKK Aneka Karya Asoka Kabupaten Wajo menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan di gedung PKK Kabupaten Wajo, Selasa 26 Maret 2019.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Wajo H. Amran SE, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muh. Arwes, Ketua Dekopinda Andi Mappanyukki, Tim penggerak PKK, Koperasi UKM dan Pengurus Koperasi PKK Asoka.

Pengurus Koperasi PKK Aneka Karya Andi Irawati Perkesi mengatakan bahwa Koperasi ini adalah Koperasi wanita yang telah berdiri tahun 1991 yang tujuannya untuk mengembangkan perempuan.

“Kita harapkan koperasi ini merangkul penjual-penjual di pasar. Tapi koperasi ini sekarang banyak kekurangan modal dan perlu SDM yang memadai,” ungkap Irawati Perkesi.

Ketua Dekopinda Kabupaten Wajo Andi Mappanyukki, mengharapkan agar Koperasi  yang umurnya sudah 28 tahun ini, roda usahanya terus berjalan dengan baik.

“Kami ingin Bagaimana kelembagaan ini bisa berkiprah kembali, bagaimana koperasi bisa bersinergi di tahun-tahun mendatang, rapat anggota setiap tahun dilaksanakan, bagaimana pengurus memberikan pertanggungjawaban kepada anggota,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muh Arwes mengatakan pihaknya bersama Dekopinda sudah melakukan agenda reformasi koperasi.  Dimana koperasi yang tinggal papan nama dan pengurusnya sudah tidak ada, akan ditertibkan dan dibubarkan.

“Sekarang ini sudah ada nomor induk koperasi. Kalau Koperasi Asoka ini sudah punya nomor induk dan patuh pada regulasi Pemkab. Di  Wajo baru ada 31 yang punya nomor induk koperasi,”  ungkap Muh. Arwes.

Sementara Bupati Wajo H. Amran, SE enjelaskan koperasi adalah salah-satu sektor ekonomi yang harus dikembangkan. Koperasi sekarang ini memang ada yang ratingnya turun karena persoalan koperasi bodong, dan kedepannya akan ditertibkan bersama .

Amran SE menegaskan, dari 443 Koperasi di Wajo, hanya 223 yang masuk kategori aktif, 260 Koperasi tidak aktif dan baru 31 yang melakukan RAT.

Pemerintah mengapresiasi kepada seluruh pengurus koperasi PKK Aneka Karya karena secara teratur dan tepat waktu, bukan hanya seremonial tapi betul-betul Mengadakan Rapat Anggota Tahunan. Dan diharapkan pengurus dan anggotanya berperan aktif dalam pengembangan koperasinya.

“Mari kita berbenah memperbaiki diri, Mari cari solusi terbaik, Saya yakin Koperasi ini dapat berjalan baik karena punya prospek yang cerah. Keberhasilan bukan hanya pengurusnya tetapi harus ada peran serta daripada anggota. Dorong simpanan wajib dan simpanan sukarela dari para anggota supaya bisa mempunyai modal sendiri,” tegasnya.(Advertorial)

Share :

Baca Juga

Sulsel

Indira Yusuf Ismail Tinjau Kelayakan Rumah Gizi di Kecamatan Tallo

Sulsel

Survey Akreditasi Starkes RSUD Lamaddukkelleng, Amran Mahmud Sampaikan Komitmen Layanan Kesehatan Terbaik

Sulsel

Kasus Positif Covid 19 Meningkat di Sinjai, Masyarakat Diminta Waspada dan Disiplin Terapkan Prokes

Sulsel

Segera MoU, Danny Bentuk Tim Kerja Khusus Tangani BRT Low Carbon

Kesehatan

Delapan Manfaat Kakao bagi Kesehatan

Wajo

Pengamanan Pilkada, Polres Wajo Siap Berangkatkan 100 Personil ke Lutim

Asahan

Bupati Asahan Lepas Atlet NPC Bertanding di Peparprov Sumatera Utara

Hukum dan Kriminal

Sat Narkoba Polres Wajo Amankan Pria Wiraswasta