Home / Tak Berkategori

Minggu, 24 Maret 2019 - 13:28 WIB

Sambut HJW, Dispar Wajo Gelar Kontes Burung Berkicau

LINTASCELEBES.COM WAJO — Dalam rangka Hari Jadi Wajo yang ke 620 tahun 2019, Dinas Pariwisata kerjasama Komunitas Burung Berkicau mengadakan perlombaan Burung perkutut dan Burung berkicau di Lapangan Merdeka Sengkang, Minggu 24 Maret 2019.

Kontes ini dihadiri oleh Hadir Wakil Bupati Wajo H. Amran SE, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin, Kadis Pariwisata HA. Darmawangsa, Ketua persatuan Komunitas Burung Berkicau.

Ada 4 kategori burung berkicau yang diperlombakan, diantaranya Murey batu umum, Lakber, Kenari dan Cecak Hijau dengan 4 jenis perlombaan yaitu Dewasa, Yunior 1 tiang, Yunior setengah tiang dan Hanging.

Kadis Pariwisata Andi Darmawangsa mengatakan, komunitas pecinta burung berkicau mengadakan kontes ini selain dalam rangka HJW ke 620, juga untuk bagaimana melestarikan burung. Pasalnya dulu, di Danau TempeĀ  terdapat 100 lebih spsies burung yang sekarang ini sudah hampir punah dan tinggal satu atau dua spesies saja.

“Kedepan Pulau yang dibentuk nantinya ada yang bisa dijadikan Hutan Penangkaran burung, olehnya itu perlu ada aktualisasi dengan pengukuhan pelestarian Burung perkutut seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara Ketua Asosiasi Pemelihara Burung perkutut Wisnu mengajak untuk menggalakkan burung perkutut di Bumi Lamaddukeleng.

Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE mengatakan, dari sisi perekonomian, kontes burung ini bisa memberi nilai tambah sehingga bisa mempunyai nilai jual tinggi. Juga bisa memperhatikan dari sisi pemeliharaan supaya dapat dikembang biakkan.

Dia mengatakan, Pemkab Wajo melalui Dinas Pariwisata sangat mendukung kedepan untuk dijadikan kegiatan tahunan dan mudah-mudahan banyak masyarakat yang terlibat nantinya.

“Melalui momentum ini kita dapat bersinergi dan bersatu padu dalam meningkatkan perekonomian di daerah kita, dan ini bisa menjadi agenda tahunan kedepan dan bisa menjadi sumber-sumbe pendapatan di sektor pariwisata nantinya,” harap Amran SE.(Advertorial)

Share :

Baca Juga

Sulsel

Pj Gubernur Sulsel Keluarkan Surat Edaran Pembentukan TPAKD Hingga Tingkat Desa dan Kelurahan

Sulsel

Berkat Arahan Gubernur Andi Sudirman, Pertumbuhan Rata-rata PAD Sulsel Tiga Tahun Terakhir Capai 11,85 Persen

Sulsel

Bupati Suardi Saleh Hadiri Peringatan Isra’ Mi’raj di Masjid Nurul Ittihad Siddo

Sulsel

Dinkes Makassar Mulai Skrining, PAUD Jadi Sasaran Program Imunisasi Kejar

Sulsel

Suardi Saleh Terima Kunker Bupati Kotabaru

Wajo

Sedekah Jumat Ramadhan, At-taubah Channel Salurkan Bantuan Sembako dan APD Pelindung Wajah

Sulsel

Pemkot Makassar Support Apindo- Kodam XIV Hasanuddin Gelar Bazar UMKM Ramadan

Wajo

Cegah Virus Corona, Bupati dan Wakil Bupati Wajo Pantau Kesiapan Satgas Perbatasan Wajo-Luwu